BAHAYA!! Tidur bareng Smartphone bisa bikin Pikun

BAHAYA!! Tidur bareng Smartphone bisa bikin Pikun

Smartphone sejatinya sangat membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah dibanding kan menggunakan Komputer dan Laptop 
Baca jugaSmartphone Lebih baik dari Laptop? ini 5 alasannya
namun faktanya bedasarkan penelitian membuktikan bahwa tidur berdekatan dengan smartphone bisa membahayakan kesehatan karena dapat merusak fungsi otak.

pada dasarnya otak membutuhkan waktu untuk istirahat 6-8 jam dalam satu hari. jika otak mengalami "kelelahan" akan ada penumpukan neurotoksin bernama "beta-amyloid" di otak. Satu hal yang pasti, kilau biru (blue light) dari semua layar perangkat elektronik -termasuk smartphone- akan mengganggu kualitas tidur, sehingga otak tidak bisa beristirahat maksimal.

Senyawa beracun ini ditemukan di penderita gangguan otak seperti demensia dan alzheimer. Demensia adalah istilah yang merujuk pada penurunan fungsional dalam berpikir dan bekerja sehari-hari. Adapun alzheimer merupakan salah satu jenis demensia. Gejala awalnya adalah penurunan daya ingat alias menjadi pikun.

Pendek kata, tidur berdekatan dengan smartphone yang menghasilkan blue light bisa mengganggu kualitas istirahat.Pada gilirannya, kekurangan istirahat bisa memicu gangguan otak seperti tersebut di atas.Pencegahannya sederhana saja, yakni smartphone mesti dijauhkan dari tubuh saat sedang tidur.Seberapa jauh? Para peneliti belum begitu yakin. Yang pasti, mereka mengajurkan agar tidak meletakkan ponsel di samping kepala.

sumber : TribunNews.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "BAHAYA!! Tidur bareng Smartphone bisa bikin Pikun"

Post a Comment

No Live Link & Spam Bro :)